Adaptasi Kebiasaan Baru di Salon, Barbershop dan Tukang cukur

16 Jul 2021Sosialisasi

Beranda 9 Sosialisasi 9 Adaptasi Kebiasaan Baru di Salon, Barbershop dan Tukang cukur

Pandemi Covid-19 telah merubah berbagai sendi-sendi kehidupan. Pelaksanaan protokol kesehatan dalam aktifitas keseharian masyarakat telah menjadi kebiasaan baru untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satu aktifitas keseharian yang melakukan adaptasi kebisaan baru adalah perawatan diri di salon, barbershop dan tukang cukur. Adaptasi kebiasaan baru yang mengadaptasi protokol kesehatan dalam perawatan diri di salon, barbershop dan tukang cukur adalah sebagai berikut:

Bagi pelaku usaha

  1. Sediakan sarana cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer di pintu masuk dan tempat
    lain yang mudah diakses pelanggan/pengunjung.
  2. Wajibkan setiap orang yang akan masuk untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  3. Larangan masuk bagi pekerja/pengunjung/ pelanggan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas atau memiliki riwayat kontak dengan orang terkena COVID-19.
  4. Periksa suhu tubuh di pintu masuk. Jika pekerja/pelanggan/ pengunjung suhu ≥ 37,3derajat celcius tidak diperkenankan masuk.
  5. Semua pekerja memakai masker, pelindung wajah/mata dan celemek selama bekerja.
  6. Bersihkan/disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan.
  7. Bersihkan/disinfeksi (minimal 3 kali/hari) terutama permukaan meja, kursi, pegangan pintu, dan peralatan yang sering disentuh.
  8. Jaga kualitas udara di tempat usaha kerja optimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk. Lakukan juga pembersihan filter AC.
  9. Pembayaran non tunai (cashless), disinfeksi mesin pembayaran.
  10. Jaga jarak minimal 1 meter saat antri masuk dan membayar, jarak antar kursi salon/cukur.
  11. Akses informasi: https://infeksiemerging.kemkes.go.id, www.covid19.go.id dan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Bagi pekerja

  1. Pastikan diri dalam kondisi sehat sebelum berangkat bekerja. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah. Periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut, serta laporkan pada pimpinan tempat kerja.
  2. Saat perjalanan dan selama bekerja selalu gunakan masker, jaga jarak, hindari menyentuh area wajah, jika terpaksa akan menyentuh area wajah cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau gunakan hand sanitizer.
  3. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS seperti mengkonsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 7 jam, serta menghindari faktor risiko penyakit.
  4. Gunakan alat pelindung diri berupa masker, pelindung wajah (face shield), celemek saat memberikan pelayanan.
  5. Saat tiba di rumah, segera mandi dan ganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.
  6. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan disinfektan.

Bagi Pelanggan atau Pengunjung

  1. Pastikan dalam kondisi sehat saat akan menggunakan jasa perawatan rambut/kecantikan dan sejenisnya. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.
  2. Bawa peralatan pribadi yang akan digunakan untuk perawatan rambut/kecantikan, termasuk peralatan make up.
  3. Saat tiba di rumah, segera mandi dan ganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.
  4. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan.

Sumber: www.promkes.kemkes.go.id

Berita Sebelumnya

Protokol Kesehatan 7M untuk Tangkal Lonjakan Corona

Protokol Kesehatan 7M untuk Tangkal Lonjakan Corona

Jumat 30 Juli 2021 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pangandaran masih fluktuatif. Data kasus baru terkonfirmasi positif pada hari Jumat 30 Juli 2021 dalam laman situs Satgas Covid-19 Kabupaten Pangandaran tercatat 108 kasus baru. Hal ini...

Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021

Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021

Keluarga Besar Loka Litbang Kesehatan Pangandaran mengucapkan "Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021, Anak Terlindungi, Indonesia Maju". #AnakPedulidiMasaPandemi

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

Segenap keluarga besar Loka Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pangandaran mengucapkan Selamat Hati Raya Idul Adha 1442 Hijriah Mari kita tingkatkan iman dan semangat berkurban dalam tatanan baru produktif dan aman Covid-19