Panduan Menggunakan Masker Dengan Benar

19 Jul 2021Sosialisasi

Beranda 9 Sosialisasi 9 Panduan Menggunakan Masker Dengan Benar

Pemakaian masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dilaksanakan oleh segenap masyarakat dalam berbagai aktifitas. Beragam jenis masker dengan berbagai bahan mudah ditemui, mulai dari masker medis sampai dengan masker kain yang bervariasi corak dan warnanya. Selain pemilihan bahan masker, hal penting lainnya adalah cara menggunakan masker dengan benar agar efektif melindungi anda daari paparan virus dan bakteri lainnya. Panduan menggunakan masker yang benar dapat anda simak sebagai berikut:

  1. Memakai masker harus dapat menutup mulut, hidung dan dagu anda. Kemudian pastikan bagian masker yang berwarna berada di sebelah depan dan tidak terbalik.
  2. Kemudian tekan bagian atas masker supaya mengikuti bentuk hidung anda dan tarik kebelakang dibagian bawah sehingga menutupi dagu anda.
  3. Setelah pemakaian selama 4 jam, segera ganti masker anda. Oleh karenanya selalu siapkan masker cadangan.
  4. Cara melepas masker yaitu dengan melepaskan masker yang telah digunakan dengan hanya memegang talinya. Kemudian langsung buang ke tempat sampah. Disarankan untuk memotong/ menggunting masker yang akan dibuang agar tidak disalahgunakan.
  5. Tetaplah  menggunakan masker bila batuk atau saat akan batuk ketika tidak menggunakan masker segera tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam (etika batuk).
  6. Cuci tangan pakai sabun setelah membuang masker yang telah digunakan kedalam tempat sampah.
  7. Supaya tetap bersih disarankan untuk mengganti masker anda secara rutin apabila kotor atau basah. Pemakaian masker yang optimal selama 4 jam.
  8. Untuk meningkatkan efektifitas perlindungan gunakan masker ganda berupa masker medis dan masker kain.
  9. Cara memasang masker ganda adalah kenakan terlebih dahulu masker medis kemudian masker kain diatasnya.

Dari berbagai sumber.

 

Berita Sebelumnya

Protokol Kesehatan 7M untuk Tangkal Lonjakan Corona

Protokol Kesehatan 7M untuk Tangkal Lonjakan Corona

Jumat 30 Juli 2021 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pangandaran masih fluktuatif. Data kasus baru terkonfirmasi positif pada hari Jumat 30 Juli 2021 dalam laman situs Satgas Covid-19 Kabupaten Pangandaran tercatat 108 kasus baru. Hal ini...

Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021

Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021

Keluarga Besar Loka Litbang Kesehatan Pangandaran mengucapkan "Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021, Anak Terlindungi, Indonesia Maju". #AnakPedulidiMasaPandemi

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

Segenap keluarga besar Loka Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Pangandaran mengucapkan Selamat Hati Raya Idul Adha 1442 Hijriah Mari kita tingkatkan iman dan semangat berkurban dalam tatanan baru produktif dan aman Covid-19